Sabtu, Desember 29, 2007

Berbahayakah Taekwondo Buat Anak-anak?


Taekwondo adalah salah satu aktivitas belajar secara penuh. Pelajarannya dapat disesuaikan dengan usia anak dan tingkat keahliannya. Seorang anak dapat belajar taekwondo dari gerakan-gerakan ringan seperti gerakan dasar dan jurus, setelah itu jika sudah mencukupi umurnya maka dapat ditambah porsinya. Keahlian yang mendasar dan dipelajari dapat meningkatkan koordinasi kondisi fisik, fleksibilitas, keseimbangan dan kecerdasan mental.

Taekwondo juga dapat meningkatkan kemampuan atletik seorang anak, kewaspadaan dan mengembangkan kemampuan beladiri dari anak tersebut.

Selain itu taekwondo menekankan pengembangan moral. Anak-anak dapat belajar menghormati diri mereka sendiri dan juga orang lain, belajar konsetrasi lebih tinggi dan meningkatkan disiplin diri serta pengendalian diri.

Disiplin diri yang dibangun sebagai hasil dari belajar dan melatih teknik biasanya terbawa didalam hidup anak-anak tersebut. Sekolah dimana ia belajar adalah sebagai tempat anak belajar focus pada sasaran dan mencapai tujuannya. Namun, disiplin diri dan pengendalian yang diajarkan dalam taekwondo dapat memberikan keahlian dan mengendalikan pikiran untuk dapat menolak tekanan akibat beban berat.

Seorang anak dapat berlatih taekwondo dimulai dari umur 3 tahun. Sebagai bukti telah banyak atlit-alit taekwondo cilik lahir dalam kejuaraan.

Tidak ada komentar: